Legalisasi Ijazah Transkrip (Diploma Transcript) di Taiwan

Perbedaan paling mendasar dengan di Indonesia adalah jumlah legalisasi yang secara total ada 3 ditambah 1 legalisasi kedutaan tujuan study.

1. Notaris
2. Kemenkumham untuk legalisasi tanda tangan notaris
3. Kemenlu sebagai legalitas utama
4. Legalisir Kedutaan Tujuan Kampus Luar Negeri

Untuk legalisasi di Taiwan terdiri dari 2 instansi, & 1 legalisasi untuk kedutaan tujuan study.
1. Notaris & sekaligus Kemenkumham untuk legalisasi tanda tangan notaris
2. Kemenlu sebagai legalitas utama
3. Legalisir Negara Tujuan (Singapore atau Australia atau Amerika atau manapun)

Secara detail saya jabarkan tahapannya.

1. Notaris
臺灣嘉義地方法院嘉義簡易庭
+886 5 277 4460
https://maps.app.goo.gl/g1Kxdq1b5Y8NJzFk7

Sebagai catatan Public Notary dalam bahasa Taiwan yaitu 公證. Bisa dicari di google maps Notary terdekat. Karena aku melakukan legalisasi Notary di Chiayi, Taiwan yang bukan ibu kota negara. Bahasa yang digunakan selama proses A sampai Z menggunakan bahasa Mandarin. Beruntungnya ditemani oleh staff di jurusan, so far, sangat terbantu.

Tahapan pentingnya adalah:
1. Daftar
2. Serahkan Dokumen
3. Konfirmasi ke Kampus. Bagian ini yang terbilang cukup lama, pihak Notaris akan menelepon ke pihak kampus memastikan bahwa nama siswa A adalah benar mahasiswa dari kampus tersebut. Bahkan ada temen dari Nepal dari kampus tetangga menunggu sampai 3 jam karena kebetulan staff di kampusnya sedang rapat. Untuk konfirmasi ke kampusku berjalan lancar, hanya memerlukan waktu 1 Jam dari pendaftaran sampai penerimaan legalisasi.
4. Pembayaran di loket yang tersedia. Harga totalnya NTD 1500
5. Ambil legalisasi

Setelah semua proses dilalui. Harganya NTD 750 per document, dengan total Aku legalisasi 2 Documents: diploma dan transcript. Jadi total NTD NTD1500. Dengan Total dokumen yang didapat adalah 2 document ijazah dan 2 document transkrip. Bentuknya seperti ini.

2. Taiwan Foreign Affairs
Untuk instansi ini terbilang cukup mudah karena menggunakan bahasa inggris dan ada di banyak tempat. Tempat ini yang biasa digunakan untuk proses ARC atau Alien Residence Card selama di Taiwan. Aku memprosesnya di Bureau of Consular Affairs, Ministry of Foreign Affairs, Taiwan

外交部雲嘉南辦事處
+886 5 225 1567
https://maps.app.goo.gl/EACet1jHXsct6Qst9

Dari total 4 document (2 ijazah 2 transkrip) yang didapat dari notaris, aku hanya memproses 2 disini, karena aku pikir aku bisa mengurusnya nanti ketika dibutuhkan. Saat ini aku hanya butuh 1 Ijazah & 1 transkrip untuk proses penyetaraan dan pendaftaran kuliah.

Tahapan prosesnya juga sangat jelas,
1. Isi form berbahasa inggris mencakup nama, ID, berapa rangkap, dan untuk keperluan apa di negara mana. Aku sempat bingung karena negara mananya belum pasti, mereka mengutarakan bahwa form keperluan apa di negara mana hanya sebagai arsip mereka, tidak tercantum di legalisasi.

2. Identifikasi di loket. Lampirkan copy dari document yang diproses dan tanda pengenal.
3. Bayar di loket
4. Tunggu 3 hari, normalnya. Untuk yang ingin jasa cepat bisa juga bayar tambahan NTD200, tapi tidak selalu bisa dilakukan. Contohnya temanku dari Nepal yang kebetulan prosesnya berbarengan denganku, dia ingin memproses cepat jadi satu hari karena besoknya dia sudah pergi ke negaranya, tapi datang ke loket jam 4.40, jadi ditolak untuk proses cepat.
5. Setelah masa tunggu, document bisa diambil.

Setelah proses yang dilalui, Jasa legalisasi di Foreign Affairs yaitu NTD400 per document. Aku total mengeluarkan NTD800 untuk legalisasi 1 ijazah dan 1 transkrip. Hasil akhir dari proses legalisasi adalah sebagai berikut.

Overall, aku menghabiskan 1500+800 = 2300 untuk legalisasi 1 diploma & 1 transcript, serta masih ada sisa 1 set yang baru sampai notaris. Untuk notaris sekitar chiayi sudah dibuatkan juga lembar khusus dari jurusan.

Terakhir, Doakan aku lolos di Nanyang Technological University di Singapore atau University di Australia.